Turut Dalam Pekerjaan Baik dari Tuhan
Kalangan Sendiri

Turut Dalam Pekerjaan Baik dari Tuhan

Lori Official Writer
      2206

Ayat Renungan: 

Efesus 2: 10, “Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.”

1 Korintus 2: 10, “Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah.” 

 

Pernahkah kita bertanya ke diri sendiri “Kenapa Tuhan tidak langsung membawa kita pulang ke surga setelah kita menerima keselamatan dan kasih karunia-Nya?” Kenapa Tuhan mengizinkan kita hidup di tengah dunia ini sampai hari ini? 

Efesus 2: 10 menyampaikan, “Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.”

Untuk melakukan “pekerjaan baik” yang Tuhan tetapkan atas kita, kita sering bertanya “Kebaikan apa yang hendak aku lakukan untuk Tuhan?” Kadang kita terjebak dengan pertanyaan ini karena sebenarnya ini bisa jadi cara kita untuk menyenangkan dan melayani diri kita sendiri. Berbeda halnya saat kita bertanya, “Tuhan, apa hal baik yang harusnya aku lakukan?” Kita sedang memusatkan setiap tindakan kita sesuai dengan arahan Tuhan.

Tuhan sudah menyediakan pekerjaan baik untuk kita lakukan bahkan sebelum kita ada di dunia. Jadi Tuhan mau kita mengenali seluruh isi hati-Nya atas apa yang perlu kita kerjakan setiap hari. Dengan berdoa kita bisa meminta pentunjuk Tuhan dan lewat pertolongan Roh Kudus kita akan dituntun untuk bertindak di dalam kebenaran. Seperti contoh Roh Kudus bisa menggerakkan hati kita untuk menanyakan kabar seseorang yang hari itu mungkin sedang membutuhkan dukungan. Atau Roh Kudus juga bisa meneguhkan kita untuk siap menghadapi sikap menyebalkan orang lain dengan kesabaran. Ada begitu banyak hal baik yang bisa diungkapkan Roh Kudus untuk kita lakukan jika kita benar-benar meminta tuntunan Tuhan.

“Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah.” 1 Korintus 2: 10

Hal lain yang bisa kita lakukan untuk menemukan tindakan baik apa yang Tuhan mau kita lakukan adalah dengan “membaca firman-Nya”. Tuhan mengungkapkan seluruh isi hatinya melalui firman-Nya. Semakin kita tenggelam di dalam kebenaran firman Tuhan, semakin kita memahami secara otomatis pekerjaan-pekerjaan baik apa yang sudah Tuhan sediakan untuk kita lakukan selama kita hidup. 

Hari ini, sebelum memulai hari mari memfokuskan hati kita untuk mengetahui kehendak Tuhan yang perlu kita kerjakan hari ini. Tuhan punya banyak sekali agenda atas kita, jadi mari dengar-dengaran dengan Dia. 

 

Action: Apakah kamu orang yang masih sulit mendengar suara Tuhan dan Roh Kudus? Kamu bisa menemukan cara efektif untuk mengalaminya lewat artikel Jawaban yang kami sediakan ini. Baca di sini: Cara Efektif Mendengar Suara Tuhan

Ayat Hafalan: Roma 12: 11, “Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.”  

Ikuti Kami